Jejerin kursi main keretaapi2an di rumah
                                  Ciyuss.. miapah.. :p
                          Keranjang baju pun jadi kereta dorong
                                      "Adek gue neh.." :D
                                                   Milk time
                                                Maen bedak x(

Sebenarnya pengen lebih intens ngepost perkembangan anak-anak paling enggak setiap bulannya. Tapi apa daya, kalau mo nulis sebuah postingan itu butuh waktu khusus, untuk ngedit, mikir, merenung, ngedesain, walaupun yang diposting alakadarnya.
Soalnya setiap hari bersama mereka, tiap hari selalu aja takjub liat perkembanagn mereka. Dari udah bisa ini bisa itu, sampai mungkin mereka ntar udah ga bisa diliatin lagi udah pada bisa ngapain. Maksudnya udah punya teman sendiri, sibuk sekolah mungkin, atau kemana gitu ga ngajak2 ortunya. Hiks. So I will enjoy every moment I have them in my side...


Dirga.
Dirga udah 3,5 tahun. Udah jadi abang-abang. Kemarin sempat ikut Paud di dekat tempat neneknya. Sejak bundanya hamil Phipa sih. Tapi mendadak jenuh kayaknya, sebelum bulan puasa Agustus kemarin, dia dah ogah-ogahan kalau diajakin sekolah, bahkan tempat neneknya. "Dah tamat cekolah nya." jawabannya kalau ditanya kenapa ga sekolah lagi. (-_-)
 Jadi dia pun sampai hari ini, dah lebih banyak di rumah aja nemeni bunda dan adiknya.  ya udah, ga dipaksain, tunggu ntar pas masuk TK aja biar semangatnya balik.

Satu sisi, seneng sih Dirga di rumah, jadi ga kangen2, trus ada temen adiknya biar ga selalu nguntitin bundanya terus, kan jadi bisa ngerjain pekerjaan rumah apapun. Tapi sisi lain, rumah jadi dobel berantakannya, dan ditambah urat leher bundanya kayaknya nambah, secara mesti tereakan tarzan  ngelarang ini itu. :D

 Anak cowo kali ya, lari-lari ke seluruh penjuru, loncat2 di sofa, tempat tidur, manjat2 meja makan, apa apa gitu yang bikin kita ngeliatnya aja sport jantung walah, yang namanya jatoh kejedot bolak balik ga bikin jera.
Tapi dia suka nyanyi juga nih, lagu 'cicak di dinding' adalah lagu pertama yang komplit diingatnya. Sekali waktu ngajarin hafal doa juga, pengennya ntar bisa hafiz Qur'an juga.

Walaupun Dirga masih agak pemalu kalau di depan orang, sekarang udah makin banyak akalnya. makin bijak juga kalau ngomong. Walau kadang ngomong masih suka rancu, kebalik antara dua kata yang berpasangan. Hmm..misalnya mau bilang "masuk" atau "di dalam" malah kebolak balik dengan "keluar". Atau mau bilang 'pergi' malah bilang "aku pulang dulu yaa''. Wew, Sinchan kali kan.
Atau apalagi yaa.. ya gitu lah. Beberapa kata masih belum tepat, tapi kita nya ngerti ngerti aja.

Beberapa hal saya juga kadang suka marah atau ngelarang, tapi trus mikir, bener gak ya cara didiknya. Kebanyakan dilarang juga ga bagus kan untuk sisi kreatifnya, tapi rasa kuatir justru bikin kita terkadang terkesan keras sama anak. Dari sini nih, orang tua itu dituntut bijak plus punya integritas. Maksudnya sesuai perkataan dengan perbuatan. Jadi teladan gitu.

Misal, biasanya saya ga ngebolehin bawa makanan ke kamar, karena takutnya ntar bertumpahan banyak semut trus digigitin lagi tidur kan ga fair yah. Trus siang tadi, begitu mereka berdua tidur siang, saya baru ambil makan siang buat saya sendiri. Rencana sih pengen makan sambil ngadem di kamar yang ber AC, tapi rupanya Dirga masi agak melek, "Kok mamam di kamar? di luar lah bunda mamam nya.." Ahah. Malu kan. Langsung saya ngeloyor keluar sambil jawab "Oh iya ya, nanti tumpah ya.." Demi menegakkan disiplin yang saya buat sendiri, relalah saya makan diluar biar agak-agak gerah dikit, karena kipas angin rada tak mampu mengatasi cuaca panas di luar.

Trus dia dah bisa juga ngambil minum sendiri dari dispenser yang diletakkin diatas meja, buka gerendel kunci di atas. Dengan bangku dan meja tulisnya. panjat panjat panjat. Ya lah, dibiasain juga mandiri, biar ga repot kali bundanya.

Hal yang agak ga enaknya, sekarang kalau diajakin jalan-jalan atau ke warung, udah bisa minta. Minta ini itu sambil merengek. Owh..





Afifa.
Kalau Afifa belum genap 10 bulan kemarin, dia udah bisa jalan loh. Lumayan cepat yah kalau Dirga kan belum genap setahun jago jalannya. karena dia juga ngerangkaknya lucu, kalo ngerangkak nungging pantanya ditinggiin, jadi lututnya ga nyentuh lantai, bagus juga sih style nya, jadi ga lecet tuh dengkul.

Giginya sekarang udah ada 4. Kalau ketawa gemesin skali lah gigi kelinci nya itu. Makan pun sekarang ga mau bubur, dah nasi biasa kayak abangnya cuma versi dipenyet-penyetin. Keseringan pun, makan udah sekalian aja nyuapin abangnya plus dianya. Lagipula menunya yang udah bisa dikonsumsi Afifa juga.

Yang barusan aja pinternya, Afifa dah bisa tepok jidat tangan plus dah ngerti goyangin badannya ala meratib dengar musik. Pok ame ame belalang kupu kupu...
Nah kalau bagian lasaknya, udah bisa manjat tempat tidur, sofa, meja ruang tamu, bolak balik naik turun. Kalau naik mobil udah ga mau diam dipegangin, hebohlah pengen kesana kemari, mencet2in tape mobil bahkan sampai pegang stir.
Hedeh... makanya sekarang bundanya berkurang hobi dan antusias kalau bepergian jauh-jauh. Pegangin dua anak yang ga mau diam, terus terang cape beud. Belum lagi motion sickness yang kadang mendera. Perjalanan kurang ternikmati, tapi kadang-kadang demi kesuntukan tak merajalela bagi semua anggota keluarga, pengen juga refreshing sejenak dua jenak, sekedar cuci mata, atau hirup udara bebas.

Dan yang paling terasa keramean kedua anak ini adalah ketika mereka berdua tidur dengan sendirinya karena kecapekan. Celotehan, tangisan, dan teriakan langsung senyap. Baru deh tertatap wajah wajah lugu.. *natapnya penuh haru biru gitu *cieciee.. 
Well, that's my kids... love is you lah. ♥


salam

Blog catatan harianku dan keluarga kecilku, saat2 berharga, untuk disyukuri setiap bagiannya, sesederhana apapun itu...

memoar kisah klasik untuk masa depan (:

Credit. Powered by Blogger.

bio

Indonesia
A family woman, luv fruit and read.

momenza

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Third Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie First Birthday tickers airinyh[at]gmail[dot]com


Rental mobil di Medan?

acak taut